Kamis, 08 Desember 2011

Menginstal Webserver PHP dan MySQL


  1. Sediakan aplikasi paket webserver (Apache), PHP dan MySQL seperti Xampp atau Wamp. (blm punya klik disini)
  2. Kita akan menggunakan Xampp saja ya ?Klik dua-kali file XAMPP yang telah Kita download (contoh yang dipakai di sini adalah xampp-win32-1.7.0-installer.exe, yaitu XAMPP versi 1.7.0). Bila Kita mendapati versi XAMPP yang lebih baru, cara instalasi kemungkinan masih sama

  1. Berikutnya klik saja [OK] untuk pilihan bahasa

  1. Klik [Next] pada jendela Setup Wizard yang muncul.

  1. Berikutnya Kita diminta memilih folder tempat XAMPP dipasang. Untuk mudahnya pilih saja di c:\, seperti default-nya dan klik [Next].

  1. Pada jendela yang muncul berikutnya, klik saja [Install], dimana shortcut untuk menjalankan XAMPP akan ada di desktop dan di menu Start.

  1. Tunggu beberapa menit selama proses diinstal Xampp.


  1. Klik [Finish] setelah XAMPP selesai diinstal.

  1. Kita akan mendapati tawaran, apakah akan menjalankan XAMPP Control Panel sekarang atau lain kali. Klik [Yes] bila Kita akan menjalankannya.

  1. Setiap kali Kita akan mengelola situs Web Kita di PC lokal, Kita harus menjalankan XAMPP. Menjalankan XAMPP berarti memfungsikan PC Kita sebagai server Web. Untuk menjalankannya, klik ikon XAMPP dan Kita dihadapkan pada XAMPP Control Panel.

  1. Klik [Start] masing-masing untuk Apache dan MySql, sehingga muncul tkita Running untuk keduanya. PC lokal Kita kini sudah menjadi server Web lokal.

  1. Apakah server Web Kita benar-benar jalan? Coba jalankan browser Kita (misalnya Internet Explorer) dan ketikkan: http://localhost. Bila muncul tampilan seperti di bawah ini, berarti PC Kita sudah berfungsi sebagai server Web. Klik [English] untuk memilih bahasa Inggris.


  1. Dari tampilan yang muncul Kita dapat melakukan berbagai administrasi untuk server Kita termasuk membuat database SQL untuk Senayan Library atau Wordpress.

  1. Kita tinggal menutup browser untuk menutup tampilan di atas. Untuk menonaktifkan server lokal Kita, keluar dari XAMPP Control Panel. Caranya, pada XAMPP Control Panel, klik [Stop] pada masing-masing [Apache] dan [MySql], lalu tutup jendela kontrol panel (klik X pada pojokkanan atas).

Tidak ada komentar:

Karbu New Megapro yang bermasalah sudah bisa teratasi ?

Semenjak beli motor Honda New Mega Pro Agustus 2011 yang lalu, pada awalnya sih tidak ada masalah. Namun setelah beberapa bulan kira-ki...